Komunikasi Pemasaran (atau MarCom atau Integrated Marketing
Communications) adalah pesan dan media terkait yang digunakan untuk
berkomunikasi dengan pasar. Komunikasi pemasaran adalah "promosi" bagian
dari "Marketing Mix" atau "empat P": harga, tempat, promosi, dan
produk.
Mereka yang praktik periklanan, merek, bahasa merek, pemasaran langsung,
desain grafis, pemasaran, kemasan, promosi, publikasi, sponsorship,
hubungan masyarakat, penjualan, promosi penjualan dan pemasaran online
yang disebut
pemasaran komunikator, manajer komunikasi pemasaran, atau lebih singkat, MarCom manajer.
pemasaran komunikator, manajer komunikasi pemasaran, atau lebih singkat, MarCom manajer.
Proses komunikasi adalah pengirim-encoding-transmisi
perangkat-decoding-penerima, yang merupakan bagian dari setiap iklan
atau program pemasaran.
- Encoding pesan adalah langkah kedua dalam proses komunikasi, yang mengambil ide kreatif dan mengubahnya menjadi perhatian-mendapatkan iklan yang dirancang untuk berbagai media (televisi, radio, majalah, dan lain-lain). Pesan perjalanan ke khalayak melalui perangkat transmisi yang berbeda. Tahap ketiga dari proses komunikasi pemasaran terjadi ketika saluran atau media memberikan pesan.
- Decoding terjadi ketika pesan mencapai satu atau lebih dari indra penerima. Konsumen baik mendengar dan melihat iklan televisi. Lainnya menangani konsumen (touch) dan membaca (lihat) tawaran kupon. Salah satu kendala yang mencegah pesan pemasaran dari yang efisien dan efektif disebut penghalang.
Barrier adalah segala sesuatu yang mendistorsi atau mengganggu pesan.
Hal ini dapat terjadi pada setiap tahap dalam proses komunikasi. Bentuk
yang paling umum dari komunikasi pemasaran mempengaruhi kebisingan
adalah kekacauan.
[1].Secara tradisional, pemasaran komunikasi praktisi berfokus pada
penciptaan dan pelaksanaan jaminan pemasaran dicetak, namun, penelitian
akademik dan profesional mengembangkan praktek untuk menggunakan elemen
strategis branding dan pemasaran dalam rangka untuk memastikan
konsistensi pengiriman pesan ke seluruh organisasi - lihat "konsisten
& merasa ". Banyak tren dalam bisnis dapat dikaitkan dengan
komunikasi pemasaran, misalnya: transisi dari layanan pelanggan untuk
hubungan pelanggan, dan transisi dari sumber daya manusia untuk solusi
manusia dan tren untuk blog, email, dan komunikasi online lainnya
berasal dari elevator pitch. Iklan sosial meningkat, berkat layanan
seperti YouTube dan Vimeo. Menurut sebuah studi 2011, "88% dari semua
perusahaan yang telah melakukan iklan media sosial puas dengan hal itu.
[2] Memang, iklan sosial terus menyerap kehidupan kita sehari-hari,
dalam bentuk billboard, aplikasi, TV, dan bahkan media cetak.Dalam
branding, setiap kesempatan untuk mengesankan (atau individu) merek
organisasi pada pelanggan disebut sentuhan merek titik Contoh (atau
merek titik kontak.) Termasuk segala sesuatu dari iklan TV dan media
lainnya, sponsor acara, webinar, dan personal selling untuk bahkan
produk kemasan. Dengan demikian, setiap kesempatan pengalaman bahwa
organisasi menciptakan bagi para stakeholder atau pelanggan adalah titik
sentuh merek. Oleh karena itu, sangat penting bagi strategi merek dan
manajer untuk survei semua poin merek sentuhan organisasi mereka dan
kontrol untuk pengalaman stakeholder atau pelanggan. Komunikasi
pemasaran, sebagai wahana manajemen merek organisasi, adalah berkaitan
dengan promosi merek organisasi, produk (s) dan / atau jasa (s) kepada
para stakeholder dan calon pelanggan melalui titik-titik sentuhan.
Komunikasi pemasaran difokuskan pada produk / layanan sebagai lawan
komunikasi korporat dimana fokus kerja komunikasi adalah perusahaan /
perusahaan itu sendiri. Komunikasi pemasaran terutama berkaitan dengan
generasi permintaan dan produk / layanan posisi sementara perusahaan
komunikasi menangani merger manajemen isu, dan akuisisi, litigasi, dll.
Referensi by:
^ Clow, Kenneth E & Donald Baack. "Promosi Iklan Terpadu dan
Komunikasi Pemasaran", 3rd Edition, Upper Saddle River, 2007 (6-7).
^ Http://kinetictypography.com/statistical-study-on-social-commercials/
Pranala luar by:
The Journal of Komunikasi Pemasaran Terpadu
STC Marketing Communication Special Interest Group
Sumber by:
Wikipedia
SEGMENTASI
Peranan segmentasi dalam marketing :
- Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
- Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
- Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
- Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Cara-cara dalam memandang suatu pasar :
- Static attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, provinsi, kota). Demografi berarti kita melihat pasar merdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, dan pendidikan.
- Dinamic attributesegmentation. Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter peanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografis meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk.
Diolah dari berbagai sumber
Targeting
Apa itu Targeting? Tageting adalah pasar sasaran yang menjadi tujuan
pemasaran. Dalam pemasaran dan periklanan, target pemirsa dalah
sekelompok orang tertentu dalam target pasar di mana suatu produk atau
pesan pemasaran produk ditujukan (Kotler 2000). Sebagai contoh, jika
sebuah perusahaan menjual program diet baru untuk pria dengan masalah
penyakit jantung (target market) komunikasi dapat ditujukan pada
pasangan (target audiens) yang mengurus rencana gizi suami dan anaknya.
Sebuah target dapat terbentuk dari orang-orang dari kelompok usia
tertentu, jenis kelamin, status perkawinan, dll. Misalnya remaja,
perempuan, lajang, dll. Kombinasi faktor, misalnya pria berusia 20-30
adalah target umum. Kelompok lain, meskipun bukan fokus utama, mungkin
juga tertarik. Menemukan target pasar yang tepat (s) dan menetukan
target audiens adalah salah satu kegiatan yang paling penting dalam
manajemen pemasaran (Niewenhuizen et al. 2000). Kesalahn terbesar itu
mungkin untuk membuat dalam penargetan sedang mencoba untuk menjangkau
semua orang dan berakhir menarik untuk tidak ada.
Target pasar
Sebuah target pasar adalah sekelompok pelanggan bahwa bisnis telah
memutuskan untuk tujuan pemasaran usaha dan akhirnya dagangannya. Sebuah
target pasar yang terdefinisi dengan baik adalah elemen pertama untuk
strategi pemasaran. Target pasar dan variabel bauran pemasaran produk,
promosi tempat (distribusi), dan harga adalah empat elemen dari strategi
bauran pemasaran yang menentukan keberhasilan suatu produk di pasar.
Setelah pelanggan ini berbeda telah ditetapkan, campuran strategi
pemasaran produk, promosi distribusi, dan harga dapat dibangun oleh
bisnis untuk memenuhi target pasar.
Sumber by : Wikipedia
Positioning
Dalam pemasaran, positioning adalah proses dimana pemasar mencoba
menciptakan citra atau identitas di benak target pasar mereka untuk
produk, merek, atau organisasi.
Re-positioning melibatkan perubahan identitas produk, relatif terhadap identitas produk yang bersaing.
De-positioning melibatkan mencoba untuk mengubah identitas produk bersaing, relatif terhadap identitas produk Anda sendiri.
Karya asli pada posisi adalah konsumen berorientasi pemasaran, dan tidak
begitu banyak terfokus pada pertanyaan relatif terhadap produk yang
kompetitif sebanyak itu difokuskan pada memotong melalui "noise" ambient
dan membangun saat kontak nyata dengan penerima yang dimaksud. Dalam
contoh klasik dari Avis mengklaim "No.2, Kami berusaha lebih keras,"
adalah titik untuk mengatakan sesuatu yang begitu mengejutkan (itu
menurut standar hari) yang dibersihkan ruang di otak Anda dan membuat
Anda melupakan semua tentang siapa yang # 1 dan tidak untuk membuat
beberapa titik filosofis tentang menjadi "lapar" untuk bisnis.
Pertumbuhan teknologi tinggi marketing mungkin memiliki banyak yang
harus dilakukan dengan pergeseran dalam definisi terhadap posisi
kompetitif. Salah satu komponen penting dari hi-tech pemasaran di era
world wide web adalah posisi di mesin pencari utama seperti Google,
Yahoo dan Bing, yang dapat dicapai melalui Search Engine Optimization,
juga dikenal sebagai SEO. Ini merupakan komponen sangat penting ketika
mencoba untuk meningkatkan posisi kompetitif di antara demografis yang
lebih muda, yang cenderung Web berorientasi belanja mereka dan kebiasaan
membeli akibat yang sangat terhubung dan terlibat dalam media sosial
pada umumnya.
Sumbet by: Wikipedia
Diferensiasi
Definisi
"Tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan
penawaran perusahaan dari penawaran pesaing" (Phillip Kottler: 1999).
"Esensi dari strategi diferensiasi adalah perusahaan dapat memberikan
perbedaan yang lebih unik dari pada pesaing, sehingga dengan perbedaan
itu konsumen memiliki nilai yang lebih tinggi" (Thompson &
Strickland: 1998).
Suber Diferensiasi
Produk fisik merupakan hal yang potensial untuk dijadikan pembeda.
Perusahaan dapat membedakan produknya berdasarkan spesialisasi, kualitas
kinerja, kualitas kesesuaian, tahan banting, keandalan, mudah
diperbaiki, gaya dan rancangan.
Daya Tarik Strategi Diferensiasi
Menjadi benteng pertahanan karena konsumen menjadi loyal terhadap merk / model yang menjadi prefernsi mereka.
Manfaat lainnya:
- Membentengi perusahaan dari masuknya pesaing.
- Mengurangi kekuatan tawar menawar dari pembeli.
- Menempatkan perusahaan pada persaingan yang lebih kuat dari perusahaan lain yang menghasilkan produk substitusi.
Sumber by: Kuliah IV Dasar2 Pemasaran by Jonminofri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar