Selasa, 26 November 2013

Bagaimana Cara Mendefinisikan Karakter Kopi Luwak ?



Untuk mendefinisikan atau menemukan karakter kopi yang kita minum, kita cukup melihat dan mempelajari diagram berikut. Diagram ini adalah sebuah standart untuk mengetahui karakter kopi melalui rasa juga aroma.

Berikut diagram dari SCAA coffee flavor wheel yang bisa anda download.

SCAA Wheel, Mendefinisikan Karakter Kopi Luwak

 Download SCAA Wheel Ukuran Besar

Sebelum melakukan cupping test, kita membutuhkan yang namanya kopi luwak, jika anda dirumah belum memiliki kopi luwak, anda bisa pesan langsung kopi luwak asli di Toko Kopi kesayangan anda.
Langkah selanjutnya adalah,
cium aroma kopi luwak sebelum diseduh. Ini membutuhkan konsentrasi penuh anda agar bisa membaca aroma yang ada didiagram tadi, sekarang kita cocokkan aroma yang tercium dari kopi seperti apa, sebaiknya anda catat supaya ingat.
Baik, langkah seterusnya adalah kita perlu menyeduh kopi luwak bubuk dengan air panas, perhatikan juga temperatur air yang kita gunakan. Tunggu berapa saat kemudian cium aromanya kembali, aroma seperti apa yang anda dapatkan dari kopi luwak yang sudah diseduh tadi, catat pada diagram, lakukan ini dengan konsentrasi penuh, karena kita butuh kepekaan, mungkin juga akan membutuhkan waktu yang lama jika anda kurang peka terhadap aroma.

Ok.. langkah berikutnya adalah, kita butuh mencicipi kopi luwak agar bisa menemukan taste / rasa kopi, lakukan dengan berlahan, bila perlu gunakan sendok, rasakan setiap detik kopi yang ada dimulut. Kembali ini memerlukan konsentrasi penuh dan tidak bisa dilakukan hanya dalam beberapa kali saja, kita perlu mencoba terus menerus sampai insting juga kepekaan kita dalam merasakan setiap perbedaan maupun rasa yang menonjol dari masing-masing kopi.

Sekarang kita tinggal mencatat rasa apa yang kita temukan dan membandingkannya dengan yang ada dalam diagram, jangan lupa untuk mencatatnya.

Dan yang terakhir dari bagaimana cara mendefinisikan karakter kopi luwak adalah dengan membaca diagram yang sudah anda catat tadi, dari sana anda bisa mendapatkan definisi mengenai rasa juga aroma.

Lakukan sesering mungkin untuk mengasah kepekaan anda, jika anda sudah peka, maka tidak perlu lagi mengunakan diagram diatas.

Cara-cara diatas tadi juga berlaku untuk semua jenis kopi yang ingin anda temukan karakternya sendiri.
Semoga bermanfaat, baca juga artikel kopi bermanfaat lainnya, untuk menambah pengetahuan kita tentang karakter kopi.

Sumber: http://www.kopiluwakamstirdam.com/mendefinisikan-karakter-kopi-luwak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar